Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN Buleleng

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » Pelaksanaan Manasik Haji di MAN Patas

Patas, Buleleng-Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha, panitia peringatan mengadakan sejumlah kegiatan. Peringatan Idul Adha 1436 H ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Serangkain kegiatan dilaksanakan. Kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni adanya praktik manasik haji. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa MAN Patas dan seluruh dewan guru beserta karyawan MAN Patas.
manasik haji

Sebelum kegiatan manasik ini dilaksanakan, panitia memfasilitasi kegiatan pembekalan manasik haji. Pembekalan tentang manasik haji dilaksanakan pada Rabu, 23 September 2015. Pembekalan tersebut diikuti oleh perwakilan seluruh seluruh kelas. Setiap kelas wajib mengirimkan wakilnya sebanyak 20 siswa dengan rincian 5 siswa putra dan 15 siswa laki-laki. Pembekalan dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Pembekalan  kelompok kelas X dilaksanakan di musala MAN Patas yang dipandu oleh Bapak Drs. H. Abdul Hamid. Pembakalan kelompok kelas XI dilaksanakan di perpustakaan dan dipandu oleh Bapak H. Imron Wahid Widodo, S. Pd. Pembekalan kelas XII dipandu oleh Bapak H. M. Sholi Afandi, S. Pd. Yang dilaksanakan di ruang multimedia. “Pembekalan ini bertujuan agar siswa mengerti tentang gambaran haji, mengerti tentang niat haji dan rangkaian haji lainnya”, tukas Bapak Muhammad Ramli selaku ketua panitia. Pembekalan serentak dilaksanak pada pukul 08.30 dan berakhir kurang lebih sekitar pukul 11.00. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembekalan.

Selain siswa, guru dan karyawan juga mengkuti pembekalan. Berbeda dengan siswa, pembekalan bagi guru dan karyawan dilaksanakan pada Jumat, 25 September 2015 di ruang multimedia. Narasumber bimbingan manasik haji yakni Bapak Drs. H. Achmad Yani, M.A.

Kegiatan pembekalan ditindaklanjuti dengan praktik di lapangan. Praktik manasik haji dilaksankan pada Jumat, 25 September 2015. Dalam rangka memacu semangat siswa, kegiatan manasik dilombakan antarkelas. Seragam yang dipakai ketika manasik yakni baju putih dan siswa putra dianjurkan memakai pakaian ihrom. Seluruh masyarak MAN Patas sangat antusias mengikutinya. Juri pada lomba manasik kali ini yakni Bapak Drs. H. Achmad Yani, M.A. dan Bapak H. B. Ali Mustofa, S. Ag., M. Pd. I. Keantusiasan siswa terlihat ketika para pemandu manasik memberikan arahan. Semoga kegiatan manasik haji ini dapat dipertahankan untuk kedepannya. 

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buleleng adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply