Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN Buleleng

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » MAN BULELENG GELAR PELATIHAN MANASIK HAJI TAHUN 2019

Dalam rangka menyambut pelaksanaan ibadah haji dan hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari ahad mendatang, MAN Buleleng menggelar pelatihan manasik haji. Pelatihan manasik haji ini dilaksanakan pada hari rabu, 7 Agustus 2019 dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi MAN Buleleng mulai kelas X hingga kelas XII. Kegiatan pelatihan manasik haji ini merupakan agenda tahunan MAN Buleleng yang bertujuan untuk memotivasi siswa agar tumbuh keinginan untuk melaksanakan haji, mengajari siswa tentang pengertian ibadah haji, mengenalkan siswa tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, serta menumbuhkan kecintaan kepada Nabi Ibrahim AS.

Pelatihan manasik haji ini dimulai dengan pembekalan materi oleh guru-guru MAN Buleleng pada selasa, 6 Agustus 2019. Siswa-siswi MAN Buleleng diberikan materi mulai dari pengertian ibadah haji, syarat dan rukun haji, cara memakai kain ihram, niat dan do’a yang dibaca, hingga cara pelaksanaan ibadah haji. Setelah pemberian materi pada rabu keesokan harinya, siswa-siswi MAN Buleleng langsung mempraktekan materi yang telah di dapat. Pelatihan manasik haji ini diawali dengan pembukaan sekaligus pengarahan oleh Bapak Kepala MAN Buleleng, Bapak Markhaban, S.Pd., M.PdI. Dalam kesempatan tersebut Bapak Kepala menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan ibadah penyempurna sehingga wajib mempelajari tata cara pelaksanaannya. Bapak Kepala juga memotivasi siswa siswi MAN Buleleng untuk menanamkan dalam hati bahwa kelak mereka mampu melaksanakan ibadah haji. Tak ketinggalan beliau juga menghimbau siswa-siswi untuk melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah. Setelah pengarahan, siswa siswi memulai kegiatan manasik haji yang diawali dari umroh, kegiatan di maktab, wukuf di arofah, perjalanan menuju Muzdalifah untuk Mabit, istirahat di Mina, perjalanan ke jamarot untuk melontarkan Jumrotul Aqobah, kegiatan Tahalul Awal, kembali ke maktab untuk melontarkan Jumratul Ula, Jumratul Wustah, dan Jumratul Ula pada keesokan harinya, dilanjutkan dengan kegiatan Thawaf Ifadoh, sholat Sunnah yang dilanjutkan meminum air zam-zam, perjalanan menuju Mas’a untuk melakukan Sa’I dari bukit Safa menuju Marwa sebanyak 7 kali, dan diakhiri dengan kegiatan Tahalul Tsani.


Untuk membakar semangat dan menambah keseruan siswa siswi MAN Buleleng, kegiatan pelatihan manasik haji ini dilombakan dan dinilai oleh Bapak Ibu Guru MAN Buleleng yang berkompeten. Aspek yang dinilai antara lain kekompakan, kerapian, dan keutuhan personel. Mudah-mudahan kegiatan manasik ini dapat memberikan pengalaman dan manfaat bagi siswa siswi MAN Buleleng.

Aamiin

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buleleng adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply