Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN Buleleng

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » PELATIHAN PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

PELATIHAN PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
BAGI GURU-GURU MAN PATAS
PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Rabu, 16 Juli 2014, guru-guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Patas mendapatkan kesempatan Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak 20 orang guru mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Tim P2M Jurusan Pendidikan Ekonomi (JPE), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) tersebut. Selama pelatihan guru-guru MAN Patas mendapatkan kesempatan berlatih merancang proposal kegiatan PTK. 
pelatihan ptk

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala MAN Patas, H. Moh. Anwar, S.Pd., M.Pd., berlangsung selama satu hari. Dalam kegiatan tersebut, Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Dra. Lulup Endah Tripalupi, M.Pd., menjadi pemakalah utama. Banyak hal yang disampaikan dan sangat bermanfaat terkait dengan PTK.

PTK merupakan suatu proses untuk mengupayakan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran menjadi lebih baik. PTK sejatinya adalah kewajiban setiap guru. Melalui PTK guru melakukan perbaikan yang terus-menerus atas semua yang terkait dengan proses pembelajaran di kelasnya. Berdasarkan hasil refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, guru menemukenali sejumlah permasalahan pembelajaran yang harus dibenahi. Permasalahan tersebut menjadi dasar kegiatan penelitian dalam bentuk tindakan-tindakan yang diperkirakan mampu mengubah dan memperbaiki kondisi, kualitas, maupun hasil capaian pembelajaran. 

Seakalipun hasil PTK tidak bisa dijadikan generalisasi temuan, tetapi pada dasarnya, tindakan-tindakan sejenis bisa dilakukan dalam situasi kelas yang berbeda. Hasil tindakan, mungkin, berupa temuan yang bersifat selingkung. Bahkan, hanya berlaku dalam kelas dengan kondisi tertentu. Namun penelitian tindakan jenis ini, tetap memiliki manfaat mendasar bagi guru (terutama) dalam upaya menemukan jalan keluar permasalahan-permasalahan yang kerap dihadapi di dalam kelasnya. 

Pelatihan PTK ini selain sangat bermanfaat bagi guru sebagai jalan inspiratif untuk melakukannya secara nyata dalam kegiatan pembelajaran. juga terkait dengan tuntutan sebagai sebuah kewajiban dan syarat bagi para guru yang akan naik angkat. Kami lebih bersyukur lagi, karena tim P2M Undiksha ini juga membuka kerja sama dengan para guru MAN Patas untuk menindaklanjuti kegiatan di luar forum ini. Alhamdulillaah, ini pertanda sebuah peluang yang sangat baik telah terpampang di depan mata. Tinggal bagaimana para guru MAN Patas bisa memanfaatkan peluang ini.

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buleleng adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply